Benarkah Herpes Penyakit yang Menginfeksi Kulit?

Benarkah Herpes Penyakit yang Menginfeksi Kulit?
Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Herpes merupakan penyakit yang memiliki ciri-ciri munculnya lepuhan pada kulit dan menimbulkan rasa gatal.Baca Juga : Yuk Mengenal Ciri Ciri Herpes KelaminPenyakit ini di picu karena adanya infeksi virus tertentu. Terdapat dua jenis virus yakni Herpes simplex virus tipe 1 dan tipe 2 yang di mana kedua virus tersebut bisa menginfeksi kulit.Herpes juga termasuk penyakit menular dan juga di alami oleh orang dewasa yang aktif secara seksual. Bila penyakit ini menjangkiti ibu hamil, maka akan berpotensi untuk menularkan meningitis ke bayinya.

Apa Itu Penyakit Herpes pada Kulit?

Herpes adalah jenis penyakit dan juga tergolong dalam infeksi menular seksual. Masalah ini memiliki tanda seperti muncul lenting atau lepuhan berwarna kemerahan di kulit, bibir, dan juga mulut.Lepuhan tersebut berisikan cairan yang terasa panas serta gatal. Selain itu juga, penyakit ini tergolong jenis penyakit jangka panjang. Virusnya bisa bertahan di dalam tubuh pengidap seumur hidup.

Penyebab Herpes

Herpes disebabkan oleh infeksi virus herpes simplex (HSV). Ada dua jenis utama virus herpes simplex yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia, yaitu HSV-1 dan HSV-2.

HSV-1

Virus herpes simplex tipe 1 biasanya bertanggung jawab atas infeksi herpes di area sekitar mulut, bibir, dan wajah.Infeksi ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan lepuh yang mengandung virus atau melalui kontak dengan saliva individu yang terinfeksi.Penularan sering terjadi melalui kontak kulit-ke-kulit, seperti ciuman, berbagi alat makan, atau penggunaan peralatan kosmetik yang sama.

HSV-2

Virus herpes simplex tipe 2 biasanya terkait dengan infeksi herpes genital. Infeksi ini ditularkan melalui kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi HSV-2.Virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil atau celah pada kulit dan menyebar melalui saraf ke sistem saraf tepi.Tempat virus dapat tetap bersembunyi dalam bentuk tidak aktif. Kontak kulit-ke-kulit yang melibatkan area genital adalah cara utama penularan HSV-2.

Faktor Risiko Herpes

Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat memicu serangan herpes pada individu yang sudah terinfeksi, termasuk:
  • Stres fisik atau emosional yang berat
  • Penurunan sistem kekebalan tubuh, seperti pada saat sakit atau setelah operasi
  • Paparan sinar matahari berlebihan
  • Menstruasi pada wanita
  • Perubahan hormonal
  • Penyalahgunaan alkohol
  • Kelelahan
  • Trauma pada area yang terinfeksi
Baca Juga : Klinik Sifilis Jakarta Terbaik Terpercaya

Periksa dan Konsultasi di Klinik Herpes Terbaik dan Terpercaya di Jakarta

Klinik untuk penyakit menular seksual dan kelamin terdekat di Jakarta yang berstandar internasional hanya ada Klinik Utama Sentosa yang memiliki alat medis yang lengkap dan canggih.Lakukan pengobatan dengan konsultasi online secara gratis, bila Anda mempunyai masalah seputar kelamin atau penyakit menular seksual lainnya, supaya bisa diatasi dengan cepat dan tepat.Memiliki dokter ahli penyakit kelamin dan staf medis profesional yang bisa menangani penyakit Anda secara langsung. Untuk masalah biaya pengobatan tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau.Klinik Utama Sentosa memiliki lokasi yang strategis, berada di daerah Jakarta, Indonesia. Dan juga sangat mengutamakan kesembuhan dan kepuasan serta sangat memprioritaskan setiap pasien.Selain itu, terdapat fitur layanan konsultasi via WhatsApp yang dapat membantu kamu untuk berkonsultasi secara online dan gratis jika ada pertanyaan seputar penyakit kelamin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Kelamin: Balanitis Adalah

Klinik Fimosis di Daerah Kelapa Gading

Lakukan Cara Ini untuk Mencegah Kencing Nanah